Senin, 10 Desember 2012

Valve Coefficient in Words

Cerita tentang valve coefficient harus dimulai dari hukum continuity massa dari suatu aliran fluida. Persamaan dasar yang dipakai tentunya adalah dari formulasi yang diberikan oleh bernoulli. Dalam hukum tersebut nantinya akan didapatkan bahwa flowrate (volumetric per waktu) dari suatu aliran fluida akan ditentukan oleh beda pressure yang menyebabkan fluida mengalir, massa jenis (specific gravity), dan suatu coefficient yang mempunyai korelasi dengan area yang dilewati oleh fluida tersebut.

F = Cv . Sqrt (dP/SG)

Cv = Flow Coefficient yang nilainya berubah sesuai dengan opening dari valve dan bentuk geometri dari valve.

Untuk mendapatkan nilai Cv dari suatu opening dilakukan dengan menghitung nilai flowrate (galon per menit) pada suatu opening valve travel tertentu dari air pada suhu 60 degreeF dengan beda tekanan upstream dan downstream adalah 1 Psi.

Ketika openingnya adalah 100% travel maka itu adalah Cv pada travel maksimum artinya berapa galon per menit maksimum bisa dialirkan ketika full opening dengan beda pressure 1 Psi. Ketika openingnya adalah 25%, 50%, 75% maka itu adalah Cv pada saat opening tertentu. Dari percentage Cv itulah apabila anda membuat grafik akan didapatkan valve characteristic:
- Quick Opening
- Linear
- Equal Percentage

flow-char

Jadi valve characteristic sangat tergantung dari geometri suatu valve. Umumnya manufacture akan memberikan nilai Cv dari valvenya pada suatu opening tertentu dan juga Cv pada travel maks-nya.

0 komentar:

Posting Komentar