Minggu, 02 Desember 2012

Commissioning of Fire Water Pump

Fire Water Pump adalah pump yang standby pada kondisi normal dan kicking ketika terjadi fire. Kebakaran dapat dideteksi dengan menggunakan fusible plug dan fire detector. Fusible plug adalah ujung-ujung fusible loop (tubing bertekanan) di overall plant. Fusible plug diletakkan pada area-area yang memungkinkan terjadinya fire. Ketika terjadi kebakaran maka fusible plug akan meleleh dan pressure di dalam tubing akan keluar / release yang berakibat pressure di ring main akan drop. Jatuhnya pressure low-low menyebabkan signal automatic start energize to Fire Water Pump oleh SIS.
Hal yang sama dengan fire / flame detector yang dipasang pada area-area kritikal kebakaran. Ketika fire terdeteksi maka signal dikirim ke SIS dan SIS akan menginitiate signal to energize fire water pump.Energizing Fire Water Pump akan mensuplai water kepada deluge system yang akan men-spray water foam pada zone dimana fire system mendeteksi kebakaran. Valve untuk spray adalah not fail safe but energize to safe. Artinya dalam kondisi de-energize valve tersebut harus berfungsi.

Internal system dari fire water pump tersebut adalah diesel pump dengan pneumatic initial start. Bahan bakar pump-nya adalah diesel.

Hal yang berbeda dari Fire Water Pump terhadap umumnya equipment adalah Fire Water Pump tidak memiliki remote shutdown. Setiap system di Oil & Gas Offshore selalu didesain untuk shutdown ketika DCS PCS/SIS shutdown dengan alasan safety. Karena tidak mungkin proses dapat berjalan dengan kondisi absolutely blind without control system. Lain halnya dengan Fire Water Pump ini, meskipun DCS shutdown fire water pump harus independent untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran. Bagaimana dengan power supply? Fire water pump memiliki internal battery yang akan menyimpan power untuk keperluannya sendiri meskipun power generation system, UPS, Battery dan lain shutdown. Agar mudah dibayangkan sebutlah suatu kondisi kebakaran dimana sudah tidak memungkinkan proses & utility dapat dijalankan. Abandon platform maka semua system harus shutdown kecuali fire water pump yang harus tetap mensuplai water ke seluruh area kebakaran.

0 komentar:

Posting Komentar